Kamis, 02 Mei 2013

Tidur larut malam merupakan salah satu kebiasaan. Mungkin karena banyak tugas, sibuk atau memang insomnia. Beberapa bahaya jika kita tidur larut malam. Diantaranya sebagai berikut:
1. Konsentrasi menurun
Tidur yang baik berperan penting dalam beraktifitas dan berpikir. Maka dari itu, kurang tidur akan memberikan pengaruh yang kurang baik untuk badan dan pikiran. Seperti dapat mengganggu tingkat kewaspadaan, konsentrasi dan pemecahan masalah.
2. Pelupa
Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis memaparkan  hasil penelitianya bahwa peristiwa otak yang disebut sharp wave ripples bertanggungjawab menguatkan memori atau ingatan pada otak. Peristiwa ini juga menstranfer informasi hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.
3. Masalah kesehatan serius
Dalam tahap kronis dapat menyebabkan:
a. Penyakit Jantung : detak jantung tidak teratur
b. Tekanan darah tinggi
c. Diabetes
4. Mempengaruhi kesehatan kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaan tersebut benar karena kurang tidur kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis halus pada wajah dan hitam dibawah mata.

Demikian beberapa kerugiannya. Kita harus menjaga kesehatan dengan tidak membiasakan tidur larut malam. Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar